Memanggil Semua Pemain Catur: Dalam Asset Management, Segalanya Saling Terhubung

dalam asset management segalanya saling terhubung

 

Jika program asset maintenance Anda sendiri membutuhkan maintenance, Anda mungkin harus berkonsultasi dengan pemain catur yang Anda kenal.


Hal tersebut adalah salah satu takeaway paling mengejutkan dari How to fix your maintenance program, white paper Infor yang ditulis secara khusus untuk para manajer asset perusahaan.


Bukanlah berita baru kalau outage yang tak terduga dapat merugikan pabrik kimia hingga jutaan dolar akibat downtime, batches yang hilang dan jalur produksi yang terhambat. Namun, masalahnya tidak sesederhana pompa tunggal, sensor atau panjang tabung.


“Setiap asset memiliki sistem kompleks dari komponen-komponen lainnya, yang kemungkinan saling berhubungan dengan asset di plant floor,” menurut white paper tersebut. “Setup hirarkis ini membutuhkan kemampuan untuk memantau, menelusuri, melaporkan dan melaksanakan aktivitas-aktivitas berdasarkan pemahaman mengenai bagaimana satu pergerakan akan berdampak terhadap yang lain”. Tidak seperti strategi bermain catur yang dilakukan dengan baik, di mana sebuah move yang kelihatannya tidak berbahaya bisa membuka jalan untuk move berikutnya yang kemungkinan besar berbahaya bagi lawan.


Prinsip dasar tersebut berlaku untuk semua lini produksi kimia, namun white paper Infor menggunakan contoh sederhana yaitu penurunan tekanan yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan. Penyebabnya bisa berupa sebuah nosel yang retak, pipa yang terhalang, sensor yang tidak berfungsi atau kecacatan dalam sistem listrik, semuanya berujung pada usaha kompleks yang dibutuhkan agar sistem tetap berjalan sesuai kapasitas optimalnya.


“Mengelola ekosistem ini memerlukan pemahaman mengenai bagaimana setiap asset bekerja dengan asset yang lain, mengidentifikasi indikator-indikator untuk menentukan di mana letak kegagalannya, dan bertindak untuk membenahi masalah yang muncul,” saran dari white paper tersebut. Untuk menjadikannya praktik standar dalam bisnis Anda, Anda memerlukan pemahaman lebih dalam tentang Enterprise Asset Management, dan sistem software yang tepat untuk mendukung strategi EAM Anda.


Referensi: http://blogs.infor.com/energizing-eam/2016/05/03/calling-chess-players-asset-management-everything-connected/

Latest News

Strategi METITO Indonesia Dalam Meningkatkan Profit 3 Kali Lipat

PT Metito Indonesia (Metito) merupakan sebuah perusahaan jasa di bidang pengelolaan air bersih dan ...

Readmore

Kick-off Infor LN ERP System Implementation at PT Sanoh with PT BSI

PT Sanoh Indonesia is established since 1976. PT Sanoh is mainly supporting the automotive ...

Readmore

Indonesia’s Automotive Industry 4.0 Symposium

 

On the 20th of November 2019, the event Indonesia’s Automotive Industry 4.0 Symposium is held ...

Readmore

Temukan Fakta Unik Natal di Sini!

Readmore

Infor Indonesia Menyelenggarakan Infor Executive Briefing di Jakarta

Pada tanggal 15 November 2017, Infor hadir di Jakarta dalam rangka menyelenggarakan Infor Executive ...

Readmore