Manajemen Fasilitas: 5 Teknologi yang Mengubah Cara Anda Bekerja

Mengelola gedung publik atau komersial, ruang industri, kantor atau gedung hunian multi-unit adalah pekerjaan yang tidak mudah. Anda berada di bawah tekanan yang semakin lama semakin besar karena harus memberikan hasil saat biaya manajemen fasilitas diminimalisir.


Anda tidak perlu merasa khawatir. Manajemen fasilitas berada di tengah revolusi yang dipenuhi oleh 5 teknologi utama yang akan membantu Anda melakukan pekerjaan Anda secara lebih efektif.


Teknologi canggih, manfaat-manfaat besar


5 teknologi utama yang memiliki dampak terbesar adalah:


Internet of Things (IoT)
Sensor telah menjadi semakin terjangkau dan konektivitas internet telah menjadi semakin cepat dan dapat dipercaya, sehingga pertumbuhan IoT semakin pesat. Dengan semua sensor tersebut yang menghasilkan data, Anda sekarang dapat mengidentifikasi isu dan masalah potensial dengan lebih cepat dan mudah dari sebelumnya. Tentu saja, semuanya tergantung pada kapabilitas analytics Anda, yang berarti Big Data.


Big Data
Apabila satu sensor bisa mendapatkan satu hasil setiap detik, maka akan ada 86.000 catatan yang didapat per hari. Anda membutuhkan analytics Big Data super canggih untuk bisa membantu Anda menyerap semua informasi ini dan mengidentifikasi isu dengan cepat. Dengan analytics yang canggih, Anda dapat mendeteksi isu dalam asset saat asset tersebut baru mulai mengalami kerusakan dan memperbaikinya sebelum kerusakan tersebut benar-benar menjadi isu untuk fasilitas Anda.


Pembelajaran mesin
Saat komputer yang memiliki kecerdasan buatan memantau asset kritikal Anda dan mempelajarinya, tanpa harus diprogram, Anda mendapat informasi yang lebih tepat dengan cepat. Dengan pembelajaran mesin, Anda bisa secara lebih baik memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh asset sebelum kinerjanya menurun, dan berapa lama waktu yang Anda miliki sebelum asset tersebut gagal berfungsi. Ini dapat membantu Anda melaksanakan program preventive maintenance secara lebih efektif dan menghindari kerusakan asset.


Mobilitas
Dengan aplikasi ponsel yang memiliki fitur penuh, Anda dapat bekerja, baik sedang terhubung dengan server atau tidak. Anda mendapatkan kemudahan dalam penggunaan, portabilitas dan kenyamanan yang dapat membuat Anda mengidentifikasi masalah dengan mudah dan mencari solusinya dari mana pun di dalam fasilitas Anda. Dengan aplikasi ponsel pintar, Anda bahkan dapat mengambil gambar dari komponen yang bermasalah dan mengirimkannya ke pihak yang relevan untuk mulai memperbaikinya sebelum Anda kembali ke kantor.


Kolaborasi sosial
Tools kolaborasi sosial memudahkan Anda untuk membentuk gudang informasi tentang fasilitas Anda yang dapat digunakan oleh para pemangku saham untuk berkolaborasi  dalam setiap fase dari siklus hidup suatu asset. Karena setiap orang akan memiliki akses terhadap informasi terpusat yang sama, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik dengan cepat.


Pilih solusi tepat yang dapat diandalkan
Agar semua teknologi di atas dapat berfungsi bersama dengan efektif, Anda memerlukan solusi asset management yang modern dan canggih serta mitra yang berpengalaman dan dapat dipercaya. Anda mendapatkan keduanya jika Anda memilih Infor EAM. Sistem asset management ini menyediakan fungsionalitas yang membantu meningkatkan kinerja di perusahaan. Anda mendapatkan teknologi inovatif yang dapat membantu memaksimalkan kesempatan untuk meningkatkan pendapatan dan profitabilitas, baik Anda seorang facility manajer, service provider atau pemilik gedung.


Referensi: http://blogs.infor.com/energizing-eam/2017/06/30/facilities-management-5-technologies-changing-way-work/