Memprioritaskan Kesempatan-Kesempatan Transformasi Digital

Anda telah mengidentifikasi sejumlah kesempatan digital untuk bisnis Anda. Namun, bagaimana Anda memutuskan kesempatan yang mana yang akan memberikan Anda ‘quick win’ atau yang memberikan business value tertinggi dengan biaya implementasi yang paling rendah? Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk membantu Anda memulai perjalanan menuju transformasi digital.


Sesuaikan ide Anda dengan objektif bisnis Anda
Langkah pertama adalah memastikan bahwa ide-ide yang Anda miliki sesuai dengan objektif bisnis Anda. Apakah kesempatan-kesempatan digital ini membantu Anda memberikan produk atau service berkualitas tinggi dengan mengeluarkan biaya secara efektif? Apakah kesempatan-kesempatan tersebut membantu Anda mendekati pelanggan existing dan pelanggan potensial dengan cara yang bermakna? Apakah kesempatan-kesempatan tersebut membantu Anda mempertahankan dan menumbuhkan talenta baru? Objektif bisnis mana yang paling penting untuk Anda?


Pahami value-nya untuk bisnis Anda
Langkah selanjutnya adalah menentukan dengan tepat apa yang sungguh-sungguh penting untuk bisnis Anda. Jika Anda adalah pengusaha manufaktur, apakah penjualan Anda akan meningkat? Jika Anda pengusaha ritel, Anda mungkin perlu untuk bisa berinteraksi dengan pelanggan di berbagai channel. Jika bisnis Anda bergerak dalam industri kesehatan, prioritas Anda mungkin adalah untuk meningkatkan engagement dan feedback pasien. Hanya saat Anda memahami value yang ditawarkan oleh setiap kesempatan digital, Anda baru bisa mulai memutuskan kesempatan yang mana yang layak untuk dikejar.


Identifikasi kemudahan implementasinya
Lalu, Anda perlu mencari tahu seberapa sulit, mahal dan memakan waktu untuk mengimplementasikan kesempatan-kesempatan tersebut. Kesempatan yang memiliki value tertinggi belum tentu merupakan kesempatan terbaik untuk dikejar. Jika Anda memiliki proyek mahal yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk diimplementasikan, menjustifikasi ROI-nya akan memakan waktu lama. Carilah kesempatan-kesempatan yang memiliki business value tinggi dan yang mudah, tidak mahal serta cepat untuk diimplementasikan. Untuk mengukur value dari kesempatan-kesempatan tersebut dengan ROI potensial yang bisa dihasilkan, Anda perlu menanyakan pertanyaan-pertanyaan kunci mengenai setiap kesempatan, seperti:


• Bisakah saya melakukan ini dengan teknologi yang off the shelf dan mudah untuk diimplementasikan?
• Bagaimana dengan dependensi? Apakah ada sangkut pautnya dengan proyek lain?
• Berapa biaya dan lama waktu yang diperlukan untuk mengimplementasikannya?


Dengan menjangkau setiap kesempatan dan membandingkannya dengan value potensial yang bisa diberikan oleh kesempatan tersebut, Anda dapat mulai membentuk prioritas-prioritas Anda.


Rencanakan roadmap Anda
Setelah Anda mengidentifikasi kesempatan-kesempatan mana yang harus dikejar terlebih dahulu, Anda harus memasukkannya di dalam roadmap Anda. Ini akan memberikan Anda playbook visual sehingga akan menjadi lebih jelas saat Anda ingin melakukan eksekusi seiring waktu. Menciptakan faktor-faktor penting ke dalam roadmap, seperti interdependensi, sumber daya internal dan anggaran. Dengan melakukan ini, Anda dapat melihat gambaran yang lebih besar, dan Anda mendapat kesempatan lain untuk menemukan konflik atau isu potensial.


Semua ini sering terasa sebagai proses yang sulit dan membingungkan, terutama saat perusahaan Anda belum terlalu memiliki pengalaman praktis dalam merencanakan dan mengeksekusi berbagai tipe strategi digital ini. Inilah mengapa sebagian besar perusahaan bekerja dengan pihak ketiga sebagai penyedia solusi untuk inisiatif-inisiatif transformasi digital mereka. Pastikan Anda memilih mitra yang tepat yang dapat membantu Anda memikirkan strategi, menilai business value, memprioritaskan, membuat roadmap, prototype, menjaga agar segalanya tetap berjalan baik dan mengimplementasikan kesempatan-kesempatan digital Anda dengan sukses. Anda membutuhkan mitra yang dapat membantu Anda membawa perusahaan dari sekadar pemilik ide menjadi eksekutor ide.


Dalam lingkungan kerja yang sangat kompetitif pada zaman sekarang ini, membuat bisnis Anda berbeda dibandingkan kompetitor bukan hal mudah. Mulai menerapkan transformasi digital dalam bisnis Anda dan memanfaatkan kesempatan-kesempatan digital yang tepat bisa membantu Anda untuk menonjol di tengah persaingan.


Referensi: http://blogs.infor.com/insights/2016/08/prioritizing-digital-transformation-opportunities.html